[REVIEW] THE 8TH INTERNATIONAL KAMPOENG JAZZ 2016

REUNI COPELAND HANGATKAN SUASANA THE 8TH INTERNATIONAL KAMPOENG JAZZ

Universitas Padjadjaran Dipati Ukur, Bandung.

Sabtu lalu, kampus Universitas Padjadjaran Dipati Ukur ramai dihadiri oleh para penikmat musik Jazz di Indonesia untuk menyaksikan pagelaran musik The 8th International Kampoeng Jazz. Acara tahunan yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Hukum Unpad ini merupakan acara jazz terbesar di bandung. Mengusung tema "City of Jazz", The 8th International Kampoeng Jazz sukses menghibur penikmat musik Jazz yang hadir.

Dengan konsep kota yang penuh akan hiburan musik Jazz, The 8th International Kampoeng Jazz dibagi menjadi tiga area yaitu "Downtown" untuk area bazzar, "Midtown" untuk BNI Lounge Stage, dan megahnya "Uptown" yaitu Main Stage. Sederet nama musisi baik lokal maupun internasional pun telah dijadwalkan untuk tampil malam itu. Seperti Teza Sumendra, Andien, Koes Ploes, Maliq & D'Essentials, Danilla x Mondo Gascaro, dan lainnya.

Sempat hujan saat acara dimulai, tidak menghalangi penikmat musik Jazz yang hadir. Mereka tetap semangat bak tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Hingga puncak kepadatan terasa menjelang hari semakin malam. 

Tepat pada pukul 23:00 WIB, band yang ditunggu-tunggu, Copeland, naik keatas panggung. Band yang sempat melakukan rangkaian tur perpisahannya tahun 2010 lalu di Bandung ini kembali untuk tampil dalam rangkaian tur reuninya. 

Copeland yang sempat membawakan lagu single andalannya seperti 'I Can Make You Feel Young Again', 'The Day I Lost My Voice', dan 'Chin Up', nampak kurang tampil maksimal. Band yang beranggotakan Aaron Marsh (vocal, synth), Stephen Laurenson (guitar, backing vocal), Bryan Laurenson (bass) dan Jonathan Bucklew (drum),  terlihat mengatur segala kepentingan penampilannya malam itu tanpa dibantu kru. Alhasil, hasil suara di beberapa lagu di awal terasa sedikit tidak pas. 

Namun hal tersebut tidak membuat para penikmat musiknya kecewa, melainkan bernyanyi bersama atas kembali bersatunya idola mereka. Membawakan sebanyak 17 lagu, Copeland menutup penampilan mereka dengan lagu 'You Have My Attention' . Reuni band asal Amerika tersebut menjadi salah satu hal yang membuat The 8th International Kampoeng Jazz terasa hangat. 

Penonton yang mengira acara telah usai, pergi berhamburan menuju pintu keluar. Namun, siapa yang menduga bahwa masih mystery guest yang dimaksud panitia akan segera tampil. Penonton yang mulai berjalan keluar berlari kembali masuk ke area panggung ketika mengetahui mystery guest yang dimaksud adalah Slank. 

Tanpa basa-basi, band legendaris Indonesia tersebut membuka penampilan mereka dengan lagu 'I Miss You But I Hate You'. Semua penonton pun ikut menyanyi bersama dengan Slank. Aksi panggung Slank yang enerjik menambah keseruan The 8th International Kampoeng Jazz 2016.

 

Foto oleh: Atir Sharif, dan Seanzha Kemal

Teks oleh: Mustiko Nugroho

 

Mustiko Nugroho